Dinsdag, 14 Mei 2013

MASKER WAJAH ALAMI DENGAN SAYUR DAN BUAH



MASKER WAJAH ALAMI DENGAN SAYUR dan BUAH

manfaat masker sayur dan buah
            Buah-buahan dan sayur-sayuran tidak hanya enak untuk dikonsumsi, namun ternyata juga sangat baik untuk kecantikan, seperti untuk bahan masker alami.
Buah untuk masker
            Beberapa jenis buah dan sayur yang dapat dipergunakan sebagai masker alami antara lain: anggur, jeruk, (lemon), stroberi, alpukat, timun, kentang dan lain-lain.
Manfaat masker buah
            jika digunakan sebagai masker, maka buah dan sayur mempunyai khasiat untuk, membuka pori-pori, mengangkat kotoran, polutan atau residu bahan kosmetik dan lain-lain.
Manfaat bagi kiulit
            Manfaat buah dan sayur bagi kulit cukup banyak, antara lain: untuk mengangkat lemak berlebihan pada bagian wajah, mempertahankan kelembaban, menghaluskan wajah, mempertahankan kesegaran wajah dan mengencangkan kulit wajah. selain itu bisa dimanfaatkan pula guna relaksasi otot wajah. penggunaan masker alami ini 2 kali seminggu, sehingga tampilan wajah akan tampak muda, segar dan senantiasa cantik.
Cara membuat masker buah
            Pilih buah tertentu yang bisa dibuat maske. Kupas kulitnya ambil daging buahnya, haluskan dengan berbagai cara (dihancurkan, dilumatkan, diblender, diparut, dll) lalu buat adonan hingga nampak/terasa halus dikulit.
Bahan tambahan masker buah
            pada adonan masker buah-buahan itu, jika diinginkan dapat ditambahkan bahan lain yang sesuai dengan jenis kulit anda. Misalnya untuk jenis kulit kering ditambah dengan minyak zaitun, kulit normal ditambah dengan putih telur, sedangkan untuk kulit berminyak bisa ditambahkan dengan madu murni.
Cara memakai masker buah
            Oleskan bahan pada bagian wajah, dagu, leher hingga merata. Hati-hati jangan terkena mata, Biarkan beberapa saat (berkisar antara 15-20 menit) hingga kering. Usaplah wajah anda dengan handuk yang telah dicelupkan air hangat sampai bersih. Ulangi bilas lagi menggunakan air dingin supaya pori-pori mengecil kembali, terasa bersih, lembab, segar dan cantik.
Catatan bagi kulit sensitif
            Secara umum aneka buah tersebut di atas sangat baik jika dipergunakan sebagai masker wajah. Namun bagi anda yang memiliki jenis kulit senditif, cobalah terlebih dahulu dengan jalan mengoleskan adonan masker buah itu normal, pakailah. Namun jika pedih, jangan teruskan karena ada kemungkinan bahan itu tidak cocok bagi kulit sensitif anda.
Masker stroberi
            Buah ini berkhasiat dapat mengencangkan, menyehatkan serta meremajakan kulit. Adapun kandungan nutrisinya antara laianaa adalah mengandung asam salisilat, silika, berbagai vitamin seperti B, C, E, K.
Masker alpukat
            Buah alpukat dipercaya dapat melembabkan kulit kering serta mencegah penuaan dini. Adapun kandungan nutrisi alpukat, diantaranya adalah asam amino, dan berbagai vitamin.
Masker buah tomat
            Buah tomat mempunyai kegunaan dapat menghaluskan kulit wajah. Adapun kandungan nutrisinya antara lain: protein, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, C. Cara menggunakan irisan tomat, atau melumatkan/menghaluskan tomat hingga menjadi adonan, lalu oleskan pada wajah, gosokkan secara halus, biarkan sekitar 15-30 menit hingga kering, bilas dengan air hangat, ulangi bilas dengan air dingin.
Masker buah anggur
            Hampir semua jenis buah anggur bisa dimanfaatkan sebagai masker. Kandungan nutrisi buah anggur di antaranya adalah: Trace mineral, kalsium, magnesium, potassium, vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6 , serta senyawa flavonoid.
            Adapun cara membuatnya adalah: buat jus anggur lalu saring, oleskan dengan kapas pada bagian wajah, dagu dan leher. Bilas dengan air mawar atau air dingin agar kulit kembali normal, segar dan halus.
Masker lemon
            Buah lemon sangat baik bagi kulit, terutama bagi kulit, terutama  bagi kulit normal dan kulit berminyak. Adapun kandungan nutrisinya antara lain: vitamin C, B1, B2, B3.
Masker pisang
            Buah pisang, terutama jenis pisang ambonbisa dipakai sebagai pelembab wajah. Adapun kandungan nutrisinya antara lain: serotinin, pektin, tanin, noradrenalin, hidroksisitiramin, dopamin, serta vitamin A, B, C.
Masker kentang
            Umbi kentang dipercaya bisa menghilangkan flek diwajah. Caraa memakainya: Kupas kentang; Haluskan dengan blender; Oleskan bahan itu secara merata pada bagian wajah, dagu dan leher; Bilas dengan air hangat; Ulangi bilas lagi dengan air dingin agar pori-pori kembali normal, kulit halus dan segar.
Masker lidah buaya
            Lidah  buaya mempunyai manfaat bagi kulit wajah karena bia menghaluskan, mengatasi jerawat, menghilangkan flek, menghilangkan kerut dan sebagainya. Cara mempergunakannya: Kupas kulit lidah buaya, ambil dagingnya; Haluskan ; Oleskan pada wajah hingga merata ; Bilas pakai air hangat lalu air dingin.  (Masde al diwanta.2010)

2 opmerkings: