Dinsdag, 14 Mei 2013

KEBUTUHAN DASAR MANUSIA



KEBUTUHAN DASAR MANUSIA

A.    PRINSIP DASAR KEBUTUHAN MANUSIA

Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologi maupun psikologis.
1.     Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan dasar manusia
a.     Penyakit.
jika ada keadaan sakit maka beberapa fungsiorgan tubuh memerlukan pemenuhan kebutuhan lebih besar dari biasanya.
b.     Hubungan Keluarga
Hubungan keluarga yang baik dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan dasar karena adanya saling percaya.
c.      Konsep diri.
Konsep diri yang positif memberikan makna dan keutuhan bagi seseorang. konsep diri yang sehat memberikan perasaan yang positif  terhadap diri. orang yang merasa positif tentang dirinya akan mudah berubah, mudah mengenali kebutuhan dan mengembangkan cara hidup yang sehat sehingga lebih mudah memenuhi kebutuhan dasarnya.
d.     Tahap Perkembangan.
Setiap tahap perkembangan manusia mempunyai kebutuhan yang berbeda, baik kebutuhan biologis, psikologis, sosial maupun spiritual.
2.     Kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow
Hierarchy of needs (hirarki kebutuhan) dari maslow menyatakan bahwa manusia memiliki 5 macam kebutuhan yaitu:
a.     Kebutuhan fisiologis (physiological)
jenis kebutuhan ini berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dasar semua manusia seperti, makan, minum, menghirup udara, dan sebagainya.Termasuk juga kebutuhan untuk istirahat, buang air besar atau kecil, menghindari rasa sakit, dan seks. Jika kebutuhan dasar ini tidak terpenuhi, maka tubuh akan menjadi rencan terhadap penyakit, tidak fit, sehingga proses untuk memenuhi kebutuhan selanjutnya dapat terhambat.
b.     Kebutuhan rasa aman dan perlindungan (Safety and security needs)
Ketika kebutuhan fisiologis seseorang telah terpenuhi sacara layak, kebutuhan akan rasa aman mulai muncul. Keadaan aman, stabilitas, proteksi, dan keteraturan akan menjadi kebutuhan yang meningkat. jika kasih sayang tidak terpenuhi, maka akan timbul rasa cemas dan takut sehingga dapat menghambat pemenuhan kebutuhan lainnya.
c.      Kebutuhan akan rasa kasih sayang dan rasa memiliki (Love and Belonging needs)
Ketika seseorang merasa bahwa kedua jenis kebutuhan di atas terpenuhi, maka akan mulai timbul kebutuhan akan rasa kasih sayang dan rasa memiliki. Jika tidak terpenuhi, maka perasaan kesepian akan timbul.
d.     Kebutuhan akan harga diri (esteem needs)
Kemudian, setelah ketiga kebutuhan di atas terpenuhi, akan timbul kebutuhan akan harga diri. Terdiri 2 jenis yaitu lower one dan higher one. Lower one berkaitan dengan kebutuhan seperti status, atensi, dan reputasi. Sedangkan higher one berkaitan dengan kebutuhan akan kepercayaan diri, kompetensi, prestasi, kemandirian dan kebebasan.Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka dapat timbul perasaan rendah diri dan inferior.
e.     Kebutuhan Aktualisasi diri (Self Actualization)
kebutuhan ini berkaitan erat dengan keinginan untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi diri. Menurut abraham maslow, kepribadian bisa mencapai peringkat teratas ketika kebutuhan-kebutuhan primer ini banyak mengalami interaksi satu dengan yang lain dan dengan aktualisasi diri seseorang akan memanfaatkan faktor potensialnya secara sempurna. (Tri Sunarsih,SST.2009)

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking